Jumat, 10 Oktober 2014

3 Manga dan Anime inspiratif

Di era sekarang makin minim saja film kartun (anime) untuk tontonan anak Indonesia. Macam-macam alasannya. Antara lain karena cerita nya yang tidak realita, bersifat kekerasan, membuat anak menjadi malas, dan juga karena biaya. Mari kita lihat di hari minggu. Di zaman saya dulu, hari minggu itu bagaikan surga. Selain itu juga membuat saya jadi makin rajin. Kalo di hari senin sampe sabtu saya bangun pagi terkadang dengan malas dan terpaksa, di hari minggu malah rajin sekali bangun pagi hanya untuk dapat nonton Ninja Ranger. Selain itu dengan bangun lebih awal membuat saya punya lebih banyak jam menonton anime dan tidak ketinggalan setiap satu episode nya ( hehe, jadi bernostalgia :D )

Tapi lihat kondisi sekarang, sungguh menyedihkan. Tidak ada lagi hal hal yang menyenangkan itu bagi anak-anak zaman sekarang (saya yakin semua anak-anak pasti suka nonton anime :)) Anak zaman sekarang bahkan adik saya sendiri hiburannya adalah bermain game. Tidak ada yang salah dengan game namun yang menjadi masalahnya adalah mata nya yang terlalu berlama lama di depan komputer. Belum sampai kelas 6 saja mungkin sudah harus dibantu dengan kaca mata. Sudah bisa kita prediksi, bisnis kaca mata dan lensa mungkin akan menjadi bisnis paling menguntungkan beberapa tahun kemudian, hahaha. 

Berbicara tentang anime, saya sendiri dulu maniak segala macam anime. Bahkan sampai sekarang. Namun tidak semua yang saya gilai, Buat saya anime itu inspiratif dan menghibur. Bahkan ada orang yang bilang saya masih kekanak-kanakan tapi menurut saya justru orang yang berkata begitu adalah orang yang tidak bisa menikmati jalan cerita anime itu sendiri. Bahkan lagi di era sekarang yang malah makin memperbanyak sinetron (stasiun swasta Indonesia), justru anime dan manga rasanya menjadi pilihan yang tepat untuk diikuti episode atau chapternya karena lebih greget :D. Berikut adalah manga dan anime yang sangat gilai dan always give me inspiration everyday..

1. One Piece
Komik ini buat saya mengajarkan tentang kehidupan. Bukan sekedar kehidupan biasa melainkan kehidupan yang sesungguhnya. Jika kamu penggemar manga one piece kamu pasti tau tentang perselisihan antara Pemerintah Dunia dengan Bajak Laut. Siapa yang paling benar? Tidak ada. Dunia mengenal pemerintah dunia itu baik, namun tidak berarti pemerintah dunia itu suci. Didalamnya juga tidak sedikit orang-orang yang korup, haus kekuasaan, dan sadis. Begitu pula dengan Bajak Laut. Dunia mengenal bajak laut sebagai kumpulan orang-orang idiot, dan berbuat semena-mena atas nama kebebasan. Namun kenyataannya, banyak juga dari mereka adalah orang-orang yang ingin mengubah dunia yang mereka ketahui telah semberawut. Mereka adalah orang-orang yang sudah merasakan langsung kekejaman pemerintah dunia yang tidak berpihak kepada rakyat (kok seperti jadi review ya :D). Sadar atau tidak cerita fiktif ini sangat mirip dengan kehidupan nyata kita. Satu pelajaran simple yang saya ambil dari cerita manga dan anime one piece ini adalah bahwa kita harus melihat segala sesuatu dari dua sisi. Ketika kita hanya melihat dari satu sisi, kita cenderung merasa sudah paling pandai dan pintar lalu menyalahkan yang lain. Tapi bila kita mau melihat dan membuka pikiran kita untuk dua sisi, maka yang terjadi adalah TIDAK ADA YANG SALAH MAUPUN YANG BENAR, SEMUA HANYA TERGANTUNG DARI SUDUT PANDANG DAN LANGKAH APA YANG KITA LAKUKAN UNTUK MENGATASI MASALAH TERSEBUT.

2. Sponge Bob
Ya, saya memang sedang tidak bercanda, dan kalau saya sedang tidak bercanda bukan berarti anda tidak boleh tertawa.. cc : Cak Lontong :D. Saya tidak tau mungkin bila anda beranggapan ini hanya cerita bodoh n lucu-lucuan saja tapi bagi saya justru film kartun ini inspiratif. Mulai dari penokohannya yang sebenarnya sangat sederhana malah terkesan GILA. Spon yang berbentuk kotak dan memakai jas, kepiting yang sama sekali tidak mirip kepiting. Ya, bagi saya segala hal tentang film ini mulai dari proses pembuatannya serta jalan ceritanya adalah KREATIVITAS. Selain itu sesuatu yang disajikan dalam film ini yang memberi inspirasi terhadap diri saya pribadi adalah tentang bisnis. Perhatikan persaingan antara Plankton dan Mr. Crab. Buat saya jika saya hanya sekedar menonton lalu tertawa maka berarti saya sudah melewatkan pelajaran yang penting. Pelajaran tentang bisnis, bagaimana bisnis itu seharusnya dinikmati. Munculnya lawan atau pesaing ketika sukses itu adalah pasti, karena dengan itulah kita dapat lebih bersemangat, dan berkarya dengan lebih baik lagi, bahkan dengan ide-ide gila sekalipun.

3. Doraemon
Siapa yang tak tau dengan manga dan anime ini? Sudah ada sejak abad 20-an. Jika doraemon bercerita tentang seekor robot kucing dari abad 21, itu berarti doraemon akan ada di abad ini dong :D. Hal yang paling menarik dan bermakna bagi saya di cerita ini adalah tentang IMAJINASI. Kalo ketika SD dulu saya hanya sekedar menonton tiap pagi lalu tertawa dan selesai, sekarang justru berbeda. Melalui manga dan anime ini saya akhirnya menemukan ide-ide, imajinasi tidak terbatas yang berguna untuk membangun visi. Ingat.. imajinasi selalu lebih dari logika. Namun imajinasi tanpa logika jelas hanya khayalan. Kita bisa belajar dari orang-orang terdahulu bagaimana dari imajinasi mereka lahirlah karya-karya yang luar biasa. So, jangan pernah remehkan imajinasi ya..

Yups.. itulah tadi daftar manga dan anime favorit yang selalu saya ikuti. Mungkin tidak terlalu berguna bagi kawan-kawan, tapi terima kasih sudah membaca :)

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya..
Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar dibawah ini, atau dengan mengisi buku tamu. Trim's ^^

Copyright 2014 by Tignov Harli. Diberdayakan oleh Blogger.